ADUAN SIBER

BALIPROV-CSIRT akan membantu konstituen untuk melakukan penanggulangan dan pemulihan insiden keamanan siber dengan aspek-aspek manajemen insiden keamanan siber berikut :

Triase Insiden (Incident Triage)

  • Memastikan kebenaran insiden dan pelapor
  • Menilai dampak dan prioritas insiden

Koordinasi Insiden

  • Mengkoordinasikan insiden dengan konstituen
  • Menentukan kemungkinan penyebab insiden
  • Memberikan rekomendasi penanggulangan berdasarkan panduan/SOP yang dimiliki BALIPROV-CSIRT Indonesia kepada konstituen
  • Mengkoordinasikan insiden dengan BALIPROV-CSIRT atau dengan GOV CSIRT Indonesia

Resolusi Insiden

  • Melakukan investigasi dan analisis dampak insiden
  • Memberikan rekomendasi teknis untuk pemulihan pasca insiden
  • Memberikan rekomendasi teknis untuk memperbaiki kelemahan sistem

Silahkan hubungi kami via email di csirt[at]baliprov[dot]go[dot]id untuk informasi lebih lanjut.